MATA UANG

By wansyofyan054im1

Februari 22, 2010

Tag:

Category: mata uang

Leave a Comment »

1.Dollar

Dolar adalah nama mata uang resmi di beberapa negara, tanah jajahan dan daerah lain (lihat daftar di bawah). Biasanya dolar dilambangkan dengan simbol $.

Nama ini berhubungan dengan mata uang bersejarah, Tolar, di Bohemia, Thaler di Jerman, Daalder di Belanda, dan Daler di Swedia dan Denmark. Nama thaler (dari thal, “lembah”) semula berasal dari Bahasa Jerman Guldengroschen (“gulden agung”, berupa perak tetapi sama nilainya dengan gulden emas) koin dilebur dari perak dari pertambangan kaya di Joachimsthal (Lembah St. Joachim) di Bohemia (selanjutnya merupakan bagian dari Kekaisaran Habsburg). Nama dolar Spanyol dahulu digunakan untuk koin perak Spanyol, peso, koin delapan-sejati, yang beredar dengan luas selama abad ke-18 di koloni Spanyol dalam Dunia Baru. Penggunaan dolar Spanyol dan thaler Maria Theresa sebagai alat tukar sah pada masa awal Amerika Serikat merupakan alasan untuk nama mata uang negara tersebut. Kata dolar dahulu digunakan dalam Bahasa Inggris untuk thaler selama kira-kira 200 tahun sebelum Revolusi Amerika. Dolar Spanyol, atau “keping delapan” sebagaimana mereka disebut, dahulu diedarkan di 13 koloni yang menjadi Amerika Serikat dan merupakan alat tukar sah di Virginia.

Dolar juga digunakan di Skotlandia selama abad ke-17, dan ada tuntutan bahwa dolar diciptakan di Universitas StAndrews.

Cikal bakal simbol “$” telah banyak dicatat. Mungkin penjelasan yang paling dikenal, menurut U.S. Bureau of Engraving and Printing (Biro Pahatan dan Cetakan AS), adalah bahwa itu merupakan hasil dari evolusi Bahasa Meksiko atau Spanyol “Ps” untuk peso, atau piastres, atau keping delapan (juga ada teori terpisah bahwa lambang dolar bercabang dari angka 8). Teori ini, bercabang dari pembelajaran naskah kuno, menjelaskan bahwa “S” mengambang lambat laun menjadi dituliskan di atas “P,” mengembangkan ekivalen di bagian atas seperti tanda berbeda “$”. Selanjutnya, torehan menurun di tengah pada tempatnya di huruf “P” menjadi hanya satu-satunya yang penting dalam bentuk penulisannya. Lambang ini telah banyak digunakan sebelum pengadopsian dolar Amerika Serikat tahun 1785.

Evolusi lambang dolar

dikutip dari http ://id.wikipedia.org/wiki/Dolar

2.Pound sterling

Pound sterling atau pounds saja (GBP) adalah mata uang Britania Raya.

Mata uang Pound sterling adalah mata uang tertua di dunia yang telah ada dan tidak berubah sejak 600 tahun terakhir. Kata “pound” dan “sterling” sendiri merujuk pada logam perak seberat satu pound yang digunakan sebagai nilai pembanding mata uang tersebut. Pada masa modern, nilai Pound Sterling tidak lagi dikaitkan dengan nilai perak dalam berat tertentu – melainkan ditentukan oleh mekanisme pasar berdasarkan penawaran dan permintaan. Pihak yang paling bertanggung jawab atas sirkulasi dan nilai tukar Pound Sterling adalah Bank of England selaku bank sentral.

Britania Raya adalah anggota Uni Eropa, namun tidak menggunakan Euro sebagai mata uang, setelah referendum yang dilaksanakan mengindikasikan keengganan penduduk negara ini untuk menggunakan mata uang Euro. Negara Uni Eropa lainnya yang tidak menggunakan Euro adalah Denmark dan Swedia.

dikutip dari http ://id.wikipedia.org/wiki/Pound_sterling

3.Rupiah

Rupiah (Rp) adalah mata uang resmi Indonesia. Mata uang ini dicetak dan diatur penggunaannya oleh Bank Indonesia, dengan kode ISO 4217 IDR. Secara tidak formal, orang Indonesia juga menyebut mata uang ini dengan nama “perak“. Satu rupiah dibagi menjadi 100 sen, walaupun inflasi telah membuatnya tidak digunakan lagi.

Perkataan “rupiah” berasal dari perkataan “Rupee”, satuan mata uang India. Indonesia telah menggunakan mata uang Gulden Belanda dari tahun 1610 hingga 1817. Setelah tahun 1817, dikenalkan mata uang Gulden Hindia Belanda. Mata uang rupiah pertama kali diperkenalkan secara resmi pada waktu Pendudukan Jepang sewaktu Perang Dunia ke-2, dengan nama rupiah Hindia Belanda. Setelah berakhirnya perang, Bank Jawa (Javaans Bank, selanjutnya menjadi Bank Indonesia) memperkenalkan mata uang rupiah jawa sebagai pengganti. Mata uang gulden NICA yang dibuat oleh Sekutu dan beberapa mata uang yang dicetak kumpulan gerilya juga berlaku pada masa itu.

Rupiah
Rupiah Indonesia
Indonesian rupiah banknotes denominations (current circulating banknotes)
ISO 4217 IDR
Negara Indonesia
Tidak resmi Timor Lestede facto
Inflasi 3,65%
Satuan lebih kecil
1/100 sen (tidak berlaku lagi)
Simbol Rp
Uang logam
Sering dipakai Rp 100, Rp 200, Rp 500, Rp 1000
Jarang dipakai Rp 25, Rp 50, Rp 1000
Uang kertas
Sering dipakai Rp 1000, Rp 2000, Rp 5000, Rp 10 000, Rp 20 000 Rp 50 000, Rp 100 000
Lembaga pusat Bank Indonesia
Mint Perum Peruri

Sejak 2 November 1949, empat tahun setelah merdeka, Indonesia menetapkan Rupiah sebagai mata uang kebangsaannya yang baru. Kepulauan Riau dan Irian Barat memiliki variasi rupiah mereka sendiri tetapi penggunaan mereka dibubarkan pada tahun 1964 di Riau dan 1974 di Irian Barat.

Krisis ekonomi Asia tahun 1998 menyebabkan nilai rupiah jatuh sebanyak 35% dan membawa kejatuhan pemerintahan Soeharto.

Rupiah merupakan mata uang yang boleh ditukar dengan bebas tetapi didagangkan dengan pinalti disebabkan kadar inflasi yang tinggi .

dikutip dari http ://id.wikipedia.org/wiki/Rupiah

4.Ringgit

Ringgit atau juga dikenal sebagai Ringgit Malaysia adalah unit mata uang Malaysia dengan kode mata uang MYR. Ringgit dapat dipecah menjadi 100 sen dan mempunyai pecahan uang kertas bernilai RM50, RM20, RM10, RM5 dan RM2 serta recehan RM1, 50 sen, 20 sen, 10 sen, 5 sen dan 1 sen. Nama “Ringgit” berasal dari sisi bergigi uang perak Spanyol yang digunakan secara luas pada zaman dahulu. Dolar Brunei juga dikenal sebagai ringgit oleh masyarakat lokal.

Pada 1837, mata uang Rupee India digunakan sebagai mata uang resmi di Penempatan Selat (yaitu Negeri-negeri Selat; Straits Settlements) tetapi pada 1867, dolar Perak kembali digunakan. Pada tahun 1903, dolar Selat ditetapkan senilai 2 shilling dan empat pence (mata uang Britania saat itu) setelah diperkenalkan oleh Dewan Pengatur Mata Uang (Board of Commissioners of Currency). Bank-bank swasta dilarang mengeluarkan uang kertas. Namun penggunaan mata uang ini terhenti akibat penaklukan Jepang pada 1942 hingga 1975 dan ketika mata uang ini ditetapkan kembali berdasarkan Pound Sterling pada 1967, nilai uang Selat telah jatuh sebanyak 15% dari nilai asalnya.

Mulai bulan Agustus 1975, nama “Ringgit” diterima secara resmi sebagai nama mata uang Malaysia. Sebelumnya, uang dikenal sebagai dolar dalam bahasa Inggris dan ringgit dalam bahasa Melayu. Namun penggunaan simbol $ tetap digunakan hingga akhirnya diganti menjadi RM pada tahun 1990-an.

Sejak krisis ekonomi Asia pada 1997, mata uang ringgit dipatok pada dolar Amerika Serikat pada nilai yang tetap yaitu RM 3,80 untuk satu dolar AS.

Pada 21 Juli 2005, Bank Negara Malaysia memutuskan untuk mengambangkan ringgit terhadap beberapa mata uang besar. Hal ini dilakukan pada hari yang sama dengan revaluasi yuan China.

dikutip http ://id.wikipedia.org/wiki/Ringgit

Tinggalkan komentar